VPN vs Proxy Server

Bagi anda yang gila internetan, maka sudah tidak asing lagi jika mendengar VPN dan Proxy Server. Banyak hal yang bisa anda dapatkan ketika browsing menggunakan jasa ini. Tapi, apakah anda sudah tau apa perbedaannya ?

Apa itu Proxy Server ?
Proxy Server atau proxy adalah server khusus yang dapat menjadi perantara antara komputer atau smarthpone anda, saat anda ingin menuju sebuah website tertentu. Jadi, ketika anda tahu mengunjungi sebuah website, itu akan datang dengan alamat IP yang bukan berasal dari PC atau smartphone anda.

secure-proxy

Lantas, apakah anda harus selalau menggunakan proxy setiap kali browsing ? proxy tidak mengenkripsi apa yang anda buka. Maka dari itu, ini membuka peluang besar untuk hacker agar masuk dan mengambil sesuatu dari anda. Makanya proxy server tidak dianjurkan untuk mengerjakan sesuatu yang penting.

Apa itu VPN ?
VPN (Virtual Private Network) memberikan proteksi yang baik, di saat anda mengakses internet dan mencari informasi. Sebab, anda akan mampu mengakses konten geoblocked, sampai menyembunyikan alamat IP sekalipun.

VPN_explained_transparent_grey

Keunggulan VPN adalah sudah terenkripsi. Jadi, koneksi internet akan tersambung ke server pihak penyedia VPN dan akan menambahkan lapisan proteksi, tidak seperti proxy server yang hanya mengganti alamat IP saja. Ini sangat berguna apabila anda terhubung dengan situs yang non-HTTPS.
Nah, itu dia perbedaan Proxy Server dan VPN. Jika kurang paham, anda bisa mengirimkan komentar anda.

Tinggalkan komentar